Alat Fitness Tracker Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Jika Anda ingin lebih sehat, penggunaan fitness tracker sangat bermanfaat. Namun, bila tujuan Anda untuk kurangi berat badan, membeli dan menggunakan peranti satu ini kurang efektif.

Penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan, bahwa fitness tracker tidak dapat membantu seseorang menurunkan berat badan sebanyak yang diharapkan.

Bukti menunjukkan bahwa, sebagus apapun fitness tracker yang digunakan, pelacak ini hanya efektif bila Anda menginginkan hidup yang lebih sehat, bukan untuk mengurangi berat badan.

Studi ini memerhatikan 471 orang dewasa dengan kelebihan berat badan atau obesitas, dan telah menjalani diet rendah kalori selama enam bulan.

Para peserta juga didorong untuk lebih aktif dan mencoba mendapatkan setidaknya 100 menit aktivitas fisik sedang selama seminggu, menjaga makanan dan menghadiri sesi konseling. Setelah enam bulan, semua orang mengalami penurunan berat badan.

Kemudian, kelompok itu dibagi dalam dua: Beberapa mengenakan fitness tracker, lainnya tidak. Percobaan berlangsung selama 18 bulan sampai peneliti menemukan bahwa orang yang tidak memakai fitness tracker behasil kehilangan berat badan rata-rata 6 kilogram. Di sisi lain, kelompok dengan fitness tracker hanya kehilangan berat badan 3,5 kilogram.

"Perangkat yang memantau dan memberikan umpan balik pada aktivitas fisik mungkin tidak menawarkan keuntungan lebih untuk tujuan penurunan berat badan," peneliti menyimpulkan dalam penelitian ini.

Albert Matheny, M.S., R.D., C.S.C.S., dari SoHo Strength Lab and Promix Nutrition tidak terkejut dengan temuan tersebut.

"Fitness tracker dapat menjadi alat yang baik untuk memberikan umpan balik untuk tujuan kesehatan umum, seperti berapa mil Anda berjalan, tapi orang tetap perlu memiliki pemahaman dan merasakan tubuh mereka sendiri bila ingin menurunkan berat badan.”

Jim Pivarnik, Ph.D., seorang profesor kinesiologi di Michigan State University, mengatakan bahwa para ahli bahkan tidak yakin fitness tracker selalu memperkirakan angka dengan benar.

Jika Anda menggantungkan perhitungan berapa banyak Anda makan, olahraga, atau tidur pada metrik fitness tracker, Anda mungkin tidak mendapatkan hasil akurat.

Kelsey Patel, instruktur yoga dan barre, dan pemilik Pure Barre Beverly Hills, menambahkan, jika seseorang ingin mencoba untuk menurunkan berat badan, fitness tracker tidak akan sampai pada hal lain yang mendukung kesuksesan penurunan berat badan.

"Anda dapat mengatur semua tujuan dan program kesehatan pada fitness tracker, namun, jika Anda belum pernah berurusan dengan kebugaran emosional atau mental Anda, maka berat badan mungkin sulit turun.”

0 Response to "Alat Fitness Tracker Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh Kita"

Posting Komentar