Efek Peceraian

Perceraian ternyata tak hanya buruk dalam hal psikologis, melainkan juga bisa memberikan efek buruk dalam hal fisik. Sebuah penelitian mengungkap bahwa orang yang bercerai memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kecelakaan fatal atau bahkan meninggal akibat kecelakaan.

Hasil yang dipublikasi dalam jurnal Social Science Research ini didapatkan melalui penelitian terhadap 1,3 juta orang Amerika berusia di atas 18 tahun yang mengalami kecelakaan antara tahun 1986 sampai 2006, seperti dilansir oleh Health (12/11)

Penelitian ini mengungkap bahwa orang yang bercerai memiliki risiko meninggal akibat kecelakaan atau mengalami kecelakaan fatal dua kali lipat dibandingkan dengan orang yang menikah. Tak hanya itu, orang yang masih lajang juga memiliki risiko mengalami kecelakaan fatal lebih tinggi dibandingkan orang yang menikah.

Peneliti beranggapan bahwa hal ini berkaitan dengan kebiasaan pasangan yang saling mengingatkan masalah kesehatan. Orang yang sudah berpasangan seringkali mengingatkan satu sama lain untuk melakukan kegiatan dengan aman. Mereka juga saling memperhatikan masalah kesehatan.

Selain status pernikahan, tampaknya jenjang pendidikan juga menentukan risiko kematian dari kecelakaan. Berdasarkan ketua peneliti justin Denney dari Rice University, orang yang memiliki pendidikan tinggi lebih mungkin selamat dari kecelakaan fatal. Hal ini karena mereka memiliki pengetahuan lebih baik mengenai hal-hal yang bisa mengakibatkan kecelakaan serta cara pencegahannya.

Bagaimana pendapat Anda mengenai hasil penelitian di atas? Setuju bahwa risiko kecelakaan fatal juga bisa dipengaruhi oleh status pernikahan dan pendidikan?

0 Response to "Efek Peceraian"

Posting Komentar