Efek Samping Dari Makan Buah Stroberi, Berbahayakah?

Stroberi merupakan buah yang masuk ke dalam kelompok beri-berian yang dikenal tinggi akan zat antioksidan. Itulah sebabnya makan buah stroberi akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti dapat menangkal serangan radikal bebas, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga mencegah kanker.

Meski sehat, namun kamu ternyata tidak boleh terlalu banyak makan stroberi, lho.

Menurut penelitian yang dilansir dari livestrong.com, makan banyak buah stroberi bisa memancing gatal-gatal di kulit atau yang dalam istilah medis disebut dengan Urtikaria.

"Stroberi ternyata adalah makanan yang mampu memicu munculnya gatal-gatal di kulit sama seperti ketika kamu makan kacang-kacangan, makanan laut, maupun telur. Selain gatal, reaksi lainnya yang muncul adalah kulit bengkak serta terbentuknya bercak di kulit," terang penelitian ini.

"Berbeda dengan makanan pemicu alergi lainnya yang dikonsumsi hanya dalam jumlah sedikit langsung bikin kulit gatal, dibutuhkan banyak buah stroberi untuk memancing alergi dengan reaksi yang muncul tak lebih dari 2 jam setelah dikonsumsi."

Penelitian yang dilansir dari University of Maryland Medical Center menambahkan bahwa sekitar 4-8% anak-anak dan 2% orang dewasa yang mengalami alergi akan buah stroberi. "Jika orang tuamu memiliki riwayat alergi, maka peluangmu untuk mengalami alergi akan berkisar sebanyak 75%."

Lalu, apa obat untuk mengobati gatal-gatal karena alergi akibat makan stroberi?

"Serangan gatal ini bisa pergi dengan sendirinya. Namun untuk meringankan gejala yang tidak menyenangkan seperti sakit kepala dan bengkak, kamu bisa mengonsumsi obat antihistamin yang bisa menenangkan peradangan yang terjadi. Selain itu, cobalah untuk berendam dengan air suam-suam kuku dan mengenakan pakaian longgar setelahnya."

0 Response to "Efek Samping Dari Makan Buah Stroberi, Berbahayakah?"

Posting Komentar