Menjelang Lebaran Harga Kebutuhan Pokok Cenderung Stabil

Menjelang Lebaran harga kebutuhan pokok cenderung stabil, meskipun sebelumnya kenaikan sudah mencapai 10 persen. Pada pekan depan harga diperkirakan mengalami kenaikan, terutama beras, telur, minyak goreng, gula, dan terigu . Berdasarkan pemantauan di sejumlah pasar tradisional di Surabaya, Kamis (18/8/2011), harga beras premium memang lebih mahal sekitar 2,7 persen dibandingkan dengan Juli. Saat ini harga beras paling murah Rp 6.100 hingga Rp 9.500 per kilogram sesuai kualitas. Sementara telur Rp 14.000 per kilogram, gula Rp 9.500 per kilogram, dan minyak goreng curah Rp 9.500 per kilogram.

Justru bawang merah dan bawang putih mengalami penurunan 22,42 persen dari Juli, sehingga kini harganya Rp 9.500 per kilogram. Sebelumnya mencapai Rp 12.800 per kilogram. Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Jawa Timur, Arifin T Hariadi, mengatakan, fluktuasi harga beras akhir-akhir ini masih terkontrol dan bisa dijaga, agar tidak terlalu naik berlebihan.

Pemerintah Provinsi Jatim sudah melakukan berbagai langkah, agar harga beras tetap stabil di tengah gejolak pasar menjelang lebaran dan stok cukup hingga tiga bulan ke depan. Momentum menjelang Lebaran selalu ada gejolak harga sejumlah komoditas," ujarnya.

Kendati demikian, Pemprov Jatim telah melakukan intervensi di antaranya dengan menjaga ketersediaan komoditi di pasar, mengamankan dan memberikan subsidi biaya angkut barang, operasi pasar, dan meminta produsen industri olahan untuk meningkatkan produksi dan menekan harga agar tidak naik berlebihan. Demikian catatan online Orangapatiang yang berjudul Menjelang Lebaran harga kebutuhan pokok cenderung stabil.

0 Response to "Menjelang Lebaran Harga Kebutuhan Pokok Cenderung Stabil"

Posting Komentar